Menggali Potensi

Setiap orang pasti memiliki potensi, karena setiap orang terlahir di dunia ini dibekali alat indera yang sama dan yang membedakan satu dengan yang lain adalah kemampuan dan kekuatan dari alat indera yang dimiliki oleh setiap kita. Ada yang mempunyai potensi begini dan adapula yang mempunyai potensi begitu, ada yang potensinya bisa dikembangkan menjadi sebuah karya, uang, manfaat untuk orang lain dan juga ada yang potensinya tak dapat dikembangkan karena tertutup oleh rasa malas yang menyelimuti setiap langkah untuk memulainya.

Untuk menggali potensi dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain dengan belajar dan praktek atau praktek dan belajar, karena sebanyak apapun belajar tanpa di praktekin hasilnya akan Nihil begitupun praktek terus tanpa sambil belajar hasilnya juga akan Nihil. Untuk itu kedua hal tersebut harus berjalan bersama, ditambahkan ketika sudah berhasil mempelajari dan mempraktekkan terus ajarkan sehingga ilmu yang kita miliki seperti halnya air yang sudah kita buatkan saluran pipa untuk bisa terus dan terus dialirkan sehingga memberikan manfaat untuk orang banyak.

Dalam belajar, praktek dan mengajarkan tidak lepas dari adanya kendala, adanya kendala tersebut bisa diibaratkan ketika kita sekolah diberikan ujian agar lebih ahli dibidang yang sedang dipelajari dan naik tingkat. Dalam menghadapi ujian tentunya orang yang sudah belajar sama yang belum belajar akan berbeda dalam menghadapi soal-soal ujian tersebut baik kesiapan secara mental maupun secara materi untuk mengerjakan ujian. Agar lebih siap menghadapi soal-soal ujian kehidupan tentunya diperlukan kesiapan dan kesiagaan karena ujian kehidupan selalu datang silih berganti dan datangnya tidak diberitahukan terlebih dahulu karena orang yang siap menghadapi ujian sesungguhnya sudah mempersiapkan setiap waktu, karena pada dasarnya hidup ini adalah ujian.

Ujian diberikan sesuai dengan kemampuan kita masing-masing, salah satu cara agar kita lebih mampu dan siap dengan mencari mentor atau guru yang sudah ahli dibidang atau potensi yang sedang kita kembangkan, untuk mencari guru tidak harus bersekolah, mengembara seperti halnya pendekar-pendekar jaman dulu, karena dalam kampus kehidupan sekarang ini banyak sekali guru-guru bertebaran baik di dunia nyata maupun di dunia maya (internet), kita bisa belajar secara langsung dengan orang yang ahli dibidangnya dengan ikut seminar, pelatihan dllnya sedangkan secara tidak langsung kita dapat belajar melalui buku, website, facebook, twitter dan fasililitas-fasilitas lainnya. Selain itu bisa memperbanyak relasi yang menjadi potensi dan hobi kita, misalkan gabung dalam komunitas bisnis, komunitas seni, komunitas penulis, komunitas motivator dllnya, karena dengan bergabung dalam komunitas tersebut baik langsung di dunia nyata maupun tak langsung melalui dunia maya akan dapat mendongkrat semangat kita untuk lebih menggali potensi yang dimiliki. Ada sebuah pepatah ketika kita dekat penjual minyak wangi kita akan bau minyak wangi begitupun ketika kita mendekati profesi lainnya, dengan begitu minimal ada energi positif untuk selalu menggali potensi-potensi yang kita miliki.

Sampai disini ternyata masih ada yang bingung sebenarnya potensi yang dimiliki apa ya? Jika masih bingung coba tanyakan kepada orang-orang terdekat yang ada disekitar anda pasti tau potensi apa yang sesungguhnya anda dimiliki. Setelah mendapat jawaban, kemudian tanyakan kepada diri anda sendiri apakah saya senang dengan jawaban tersebut dan apakah benar demikian? Untuk menjawab pertanyaan yang datang dari diri anda sendiri cobalah tanyakan kembali kepada beberapa orang yang anda anggap dekat dan menyayangi anda. Jika sudah menemukan jawaban yang sama dari beberapa orang yang ada disekitar anda, salah satu cara untuk meyakinkan bahwa potensi yang disebutkan orang terdekat anda itu benar satu satunya jalan dengan ACTION! Setelah melakukan praktek, belajar, mengajarkan, mempunyai guru dan terus-menerus melakukannya sampai akhirnya menjadi kebiasaan yang menyenangkan dan FAKTA keberhasilan anda akan menjawabnya bahwa anda benar-benar memiliki POTENSI.

Selamat menggali potensi dan selamat berkarya sepanjang masa!

Somoga setiap kita meninggalkan karya yang bermanfaat untuk bangsa dan bahkan dunia amiinn…

Salam SukYess!!

@FatoniJakri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s